Friday 18 October 2013

Cinta dalam Ruang Kehidupan yang Luas

Cinta itu memiliki banyak makna, hampir semua insan manusia memahami dan mengetahui bagaimana dan apa itu Cinta. Cinta itu sudah sepaket di ciptakan Tuhan dalam diri manusia, tinggal manusia yang mengolahnya.

Cinta identik dengan Kasih, ketika kita mencintai ada sesuatu yang kita berikan, memberi sesuatu yang tanpa syarat namun sangat berharga, ada yang kita beri dari dalam diri kita.

Dalam hidup, Cinta itu luas, karena ia bekerja dalam ruang kehidupan yang sangatlah luas dan tak terbatas. Inti pekerjaannya adalah memberi, memberi suatu yang bernilai, mengandung sesuatu yang baik dan positif. Memberi apa saja yang diperlukan oleh orang-orang yang kita sayang, cintai dan kasihi tanpa harus ditukarkan ataupun dibeli. Memberi sesuatu yang berharga untuk orang-orang yang kita kasihi untuk tumbuh menjadi lebih baik dan berbahagia karenanya.

Cinta itu Memberi, Memberi dengan hati yang ikhlas dan tulus. Memberi sangat erat hubungannya dengan Cinta, Ia pun mengetahui apakah pekerjaannya didasari oleh Cinta atau keterpaksaan. Bila ia melakukan pekerjaannya dengan keterpaksaan, biasanya Ia tidak mengijinkan Cinta masuk dan turut campur dalam pekerjaannya, dan membiarkan dirinya menanggung segala resiko, malu dan siap dalam segala kesan negatif yang muncul karenanya.

Cinta dalam ruang kehidupan yang luas mampu menembus dinding berlapiskan kesan negatif. Sakit hati, kecewa, cemburu, benci, dendam, dan kecewa pun tak mampu menolak kedatangannya apabila ia masuk dan menggantikan posisinya.

Sekuntum bunga tidak memerlukan mahkota yang indah agar burung/lebah datang kepadanya. Bahkan ketika mentari datang menyinari dan memperlihatkan keindahan bunga, bagi burung/lebah keindahannya tidak lebih penting, karena baginya bunga lebih dari itu, karena bunga sudah memberi yang dibutuhkan sekalipun tidak memperlihatkan keindahannya. Bagi burung/lebah bunga lebih dari sekedar keindahan, bagi burung/lebah bunga adalah nafas kehidupan, sekalipun bunga tidak mengetahui kalau ia adalah nafas bagi burung/lebah. 

Bunga memberi apa yang dia miliki agar yang datang padanya tumbuh dan berbahagia karenanya. Pemberian yang baik pun menghasilkan anugerah. Anugerah bagi Bunga karena benang sari dan putik dapat bertemu oleh karena hadirnya burung/lebah.

Cinta itu Memberi. Dengan memberi, kita mau menjadi bagian dari hidup sesama kita.

No comments:

Post a Comment